Selasa, 15 Mei 2012

Kebersihan sebagian dari Iman

Kata – kata itu telah sering kita dengar. Namun bagaimanakah pengaplikasian kata – kata tersebut dalam kehidupan kita sehari – hari. Sering kita jumpai lingkungan yang kotor di sekitar kita. Pengaplikasian kita dalam mewujudkan kata – kata tersebut masih sangat kecil. Seringkali kita secara sadar membuang bekas minum atau makanan hanya karena tempat sampah yang jauh. Tahukah anda bahwa kebersihan lingkungan kita mempunyai banyak manfaat? Beberapa diantaranya adalah dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman, dan meminimalisir terserang berbagai macam penyakit.
Lingkungan yang kotor merupakan pemicu dari berbagai penyakit antara lain demam berdarah, malaria, TBC, dan cikungunya. Di beberapa Negara seperti Chicago, Amsterdam, New Zealand dan beberapa Negara maju kebersihan lingkungan merupakan prioritas utama yang sangat diperhatikan. Bahkan Negara – Negara tersebut membuat undang – undang dalam hal kebersihan.
Dalam salah satu sumber keagamaan, tertulis :
Diriwayatkan dari Malik Al Asy’ari dia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu.” (HR. Muslim)
Dalam hadist ini dinyatakan kebersihan sebagian dari iman. Hal ini bisa kita kita ambil kesimpulan bahwa keimanan seseorang akan menjadi lengkap apabila seseorang tersebut dapat menjaga kebersihan. Dengan kata lain orang tidak menjaga kebersihan maka keimanannya masih belum sempurna. Dalam hadis ini menendaskan kebersihan bagi umat Muslim merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diterapkan.
Bagaimana dengan Indonesia???
Mari kita lihat di kota kita ini saja. Atau mari kita lihat di kampus kita saja. Sampah bekas minuman, makanan, sampah kertas, dan sampah – sampah yang lain. Sering kita temukan di kursi, lantai dan berbagai tempat yang lain. Kurangnya fasilitas tempat sampah merupakan salah satu penyebab. Di kota kita ini (Yogyakarta) apabila kita berjalan ke tempat – tempat wisata atau di tempat – tempat lain bahkan di jalan pun kita sangat sering menjumpai sampah. Salah kitakah??? Atau salah atau salah pemerintah??? Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan kita, kurangnya pemfasilitasan yang maksimal yang dilakukan oleh pemerintah dan kurang tegasnya undang – undang yang mengatur tanpa di tunjang dengan fasilitas yang baik menjadi penyebab lingkungan kita menjadi kotor.
Lingkungan yang jorok berarti menandakan pikiran manusia yang ruwet, mulai dari pejabat yang paling atas sampai paling bawah, karena tidak paham bagaimana cara menata sebuah tempat, kota maupun negara. Inilah sebuah indicator, bahwa kebersihan menunjukan mental seluruh bangsa. Mari kita perhatikan lingkungan kita, salah satunya adalah Jakarta, sebagai ibukota dan cerminan sebuah bangsa dan negara, dihuni berbagai macam etnis, golongan dan agama, namun suatu kenyataan bahwa kondisi lingkungan di ibukota tersebut umumnya sangat buruk, buang sampah sembarangan, got pada mampet, pengelolaan sampah yang tidak beres, semua itu mengakibatkan banjir, nyamuk berkeliaran, bau yang menyengat, pemandangan yang tidak nyaman, penyakit merajalela seperti demam berdarah, diare, stress, thypus dan sebagainya. Kondisi tersebut membuat tidak nyaman.
Tetapi apakah iman kita begitu kecil untuk memelihara kebersihan lingkungan di sekitar kita???
Agama tidak pernah mengajarkan kita untuk “melukai” lingkungan kita. Agama tidak pernah mengajarkan kita untuk “menodai” bumi ini. Tetapi agama mengajarkan kita untuk menjaga dan memelihara lingkungan kita. Mari kita bersama – sama menjaga dan memelihara bumi ini. Mari kita menjaga kebersihan lingkungan kita. Dimulai dari diri kita sendiri, lingkungan rumah kita ke lingkungan yang lebih luas.
Mari kita jaga kebersihan bumi kita. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.
note: Pada dasarnya, semua agama menganjurkan agar penganutnya membersihkan diri sebelum beribadah. Ajaran agama menganjurkan penganutnya beribadah ditempat yang bersih, niat yang bersih, dsb
dikutip dari : http://green.kompasiana.com/polusi/2011/05/18/kebersihan-sebagian-dari-iman/

Senin, 14 Mei 2012

negeri tanpa judul

wkwkwkwkwkwk

Analisis Pemetaan SK/KD



ANALISIS STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR

MATA PELAJARAN            : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS SEMESTER                         : XI / II
SEKOLAH                             : SMA NEGERI 7 SEMARANG
STANDAR KOMPETENSI : 6. Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
KOMPETENSI DASAR
TINGKATAN RANAH KD
INDIKATOR
TINGKATAN RANAH PK
MATERI POKOK / PENGEMBANGAN
RUANG LINGKUP
ALOKASI WAKTU

1
2
3
4
5

6.1   Membaca Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27


C1

·      Mampu membaca Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan baik dan benar
·      Mampu mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27 dengan benar.


C1





C1

·      Q.S. Ar-Rum; 41-42
·      Q.S. Al-A’raf;56-58
·      Q.S. As-Shad; 27




2 X 45 Menit









ANALISIS STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR

MATA PELAJARAN            : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS SEMESTER                         : XI / II
SEKOLAH                             : SMA NEGERI 7 SEMARANG
STANDAR KOMPETENSI : 6. Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
KOMPETENSI DASAR
TINGKATAN RANAH KD
INDIKATOR
TINGKATAN RANAH PK
MATERI POKOK / PENGEMBANGAN
RUANG LINGKUP
ALOKASI WAKTU

1
2
3
4
5

6.2   Menjelaskan arti  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27


C1

·      Mampu mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·      Mampu mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
·      Mampu menterjemahkan Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27


C1





C1






C1

·      Q.S. Ar-Rum; 41-42
·      Q.S. Al-A’raf;56-58
·      Q.S. As-Shad; 27




2 X 45 Menit




ANALISIS STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR

MATA PELAJARAN            : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS SEMESTER                         : XI / II
SEKOLAH                             : SMA NEGERI 7 SEMARANG
STANDAR KOMPETENSI : 6. Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
KOMPETENSI DASAR
TINGKATAN RANAH KD
INDIKATOR
TINGKATAN RANAH PK
MATERI POKOK / PENGEMBANGAN
RUANG LINGKUP
ALOKASI WAKTU

1
2
3
4
5

6.3   Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  Q.S. Ar Rum: 41- 42, Q.S. Al-A’raf: 56-58, dan Q.S. Ash Shad: 27


C3

·    Mampu mengidentifikasi perilaku menjaga keslestarian lingkuingan hidup
·    Mampu mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
·    Mampu menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga kelestarian lingkungan hidup.
·    Mampu membuat artikel tentang penjagaan kelestarian lingkungan hidup.

C1




C3






C1

·    Q.S. Ar-Rum; 41-42
·    Al-A’raf;56-58
·    As-Shad; 27




2 X 45 Menit

Kamis, 10 Mei 2012

Tugas Mandiri untuk siswa kelas X.8 SMA N 7 Semarang

 Tugas Mandiri :  
(Jawaban anda dapat dikerjakan pada kertas atau jawaban dapat dikirim lewat email :   kangroy_cevy@yahoo.co.id ; gmail : budiwongpitu@gmail.com. Jawaban kami terima paling lambat 2 minggu sebelum tes ualangan kenaikan kelas )
      
Kerjakan soal dibawah ini dengan benar !
  1. Jelaskan pengertian Zakat dan sebutkan 8 golongan orang yang berhak menerima zakat !
  2. Pa Rohim punya uang 650 dinar ( harga emas/gram Rp. 375.000,-), kambing 4500 ekor (harga per ekor   Rp.1.250.000,-) berapakah zakat keseluruhan yang harus dibayarkan oleh pak Rohim !
  3. Sebutkan syarat wajib haji, rukun haji, wajib haji, sunah haji, dan macam - macam haji !
  4. Jelaskan perbedaan haji dan umrah !
  5. Dapatkah dibatalkan wakaf yang telah disahkan oleh syariat ? Jelaskan pendapat anda ! 
  6. Selamat mengerjakan !

Rabu, 09 Mei 2012

Silabus PAI XI Tentang Lingkungan hidup

SILABUS

Nama Sekolah             :   SMA 7 Semarang
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester         :  XI / 2
Aspek                             :  Al-Qur’an
Standar Kompetensi :  7.  Memahami ayat-ayat   Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/ Alat

7.1  Membaca QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27


·   Q.S. Ar-Rum; 41-42
·   Q.S. Al-A’raf :56-58
·   Q.S. Shad :27
- Tatap Muka
·   Membaca Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
-Tugas Mandiri       
·   Tadarus surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
·   Menghafal  surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
-Tatap Muka
·   Mengidentifikasi tajwid Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
-Tugas Terstruktur
·   Mencari bacaan Mad
·   Mencari bacaan mim mati


·   Membaca Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27 dengan baik dan benar






·   Mengidentifikasi tajwid Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27 dengan benar.


Jenis Tagihan:
Tugas individu

Bentuk instrumen:
Tes membaca

2 jam

·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.

7.2  Menjelaskan arti  QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27

·   QS Ar-Rum: 41-42
·   QS Al-A’raf :56-58
·   QS Shad :27
- Tatap Muka
·   Mengartikan setiap kata yang terdapat dalam  Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
·   Mengartikan ayat Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
·   Mendiskusikan terjemah Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
- Tugas Mandiri
·   Mencari arti ayat per kata di buku “Inayah”

·   Mengartikan setiap kata yang terdapat dalam Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
·   Mengartikan ayat Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27
·   Menjelaskan cara menjaga lingkungan hidup dan melestarikannya.
·   Menterjemahkan Al-Quran surat Ar Rum:41-42, Al-A’raf :56-58, Shad :27

Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan harian


Bentuk instrumen:
Uraian singkat

2 jam
·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.

7.3  Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam  QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27

·   QS Ar-Rum; 41-42
·   Al-A’raf :56-58
·   Shad :27
- Tatap muka
·   Mendiskusikan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sesuai dengan QS Ar-Rum; 41-42, Al A’raf; 55-56, Shad : 27
-       Tugas Mandiri
Siswa membuat artikel tentang menjaga kelestarikan lingkungan hidup.

·   Menjelaskan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung dalam QS Ar-Rum; 41-42, Al A’raf; 55-56, dan Shad : 27
Jenis Tagihan:
Tugas individu,
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam
·   Al-Quran dan terjemah.
·   Buku PAI kelas XI
·   Buku-buku yang  relevan.


RPP PAI XI Tentang Lingkungan Hidup



   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan                                        : SMA 7 Semarang
Mata Pelajaran                                             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                                            : XI/2
Tahun pelajaran                                            : 2011/2012
Alokasi waktu                                              : 6 x 45 Menit

       I.       STANDAR KOMPETENSI
1.1 Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang menjaga kelestarian lingkungan hidup
    II.       KOMPETENSI DASAR
2.1  Membaca QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
2.2  Menjelaskan arti kandungan QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
2.3  Menampilkan perilaku menjaga kelestarian hidup seperti yang terkandung dalam QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
 III.            INDIKATOR
A.     Kognitif
1.      Produk
Merespon dalam memahami ayat QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27 tentang menjaga kelestarian hidup.
2.      Proses
Memahami ayat QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27 tentang menjaga kelestarian hidup, melalui :
a)        Membaca QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
b)        Identifikasi makna/kosaskata ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C1).
c)        Menemukan arti ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27  (C1).
d)        Menemukan bacaan-bacaan tajwid dalam ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27 (C1).
e)        Menemukan isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C2).
f)          Menyimpulkan makna yang dinyatakan secara tersirat dalam teks yang berbentuk tulisan ayat (C3).
g)        Mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarian hidup sesuai dengan QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27 (C4).

B.     Afektif
a)      Mengembangkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan pada kehidupan sehari-hari.
b)      Ketrampilan siswa melakukan tanya jawab secara sopan, menjadi pendengar yang baik, menyumbangkan pendapat yang bermanfaat serta komunikasi secara santun.

  IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN
a)      Kognitif
1.      Produk
Melalui ceramah dan dialog interaktif siswa dapat merespon makna ayat-ayat al-Qur’an QS , mencari bacaan tajwid serta menemukan isi kandungan ayat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
2.      Proses
a.       Diberi tulisan ayat siswa dapat membaca makna/kosakata ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C1).
b.      Diberi tulisan ayat siswa dapat mengidentifikasi makna/kosakata ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C1).
c.       Diberi potongan ayat siswa dapat menemukan bacaan tajwid (C1).
d.      Diberi tulisan ayat siswa dapat menemukan makna kandungan ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C2).
e.       Diberi tulisan ayat siswa dapat menyimpulkan makna yang dinyatakan secara tersirat dalam teks yang berbentuk news item (C3).
f.        Diberi tulisan ayat siswa dapat mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarian hidup sesuai dengan QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C4)
b)      Afektif
1.      Karakter
Dengan metode active learning, siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku yang toleran, jujur, dan bertanggung jawab, tidak emosional serta menghargai pendapat teman yang lain.
2.      Keterampilan sosial
Siswa melakukan tanya jawab secara sopan, menjadi pendengar yang baik, menyumbangkan pendapat yang manfaat serta berkomunikasi secara santun.
     V.            MODEL, PENDEKATAN, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
a.      Model Pembelajaran : Active Learning
b.      Tehnik Pembelajaran
a.       Ceramah Interaktif
b.      Reading aloud
c.       Jigsaw learning
d.      Index card match
e.       Tanya jawab
  VI.            BAHAN AJAR
Ø      Arti potongan ayat QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
Ø      Baca tajwid dalam QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
Ø      Isi kandungan QS.Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
Ø      Identifiasi perilaku menjaga kelestarian hidup.
VII.            KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pertemuan pertama ( 2 x 45 menit )
No.
Kegiatan pembelajaran
Waktu (menit)
1.
Kegiatan awal
Apersepsi
-        Menyebutkan tujuan pembelajaran yang meliputi membaca, memahami dan membiasakan perilaku menjaga kelestarian hidup.
-        Meminta siswa untuk menjelaskan menjaga kelestarian hidup dan contohnya sebagai brainstorming
-        Mengarahkan siswa untuk flashback sejenak mengenai kandungan QS.Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
-        Mengaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan di sampaikan pada hari itu.





10 menit
2.
Kegiatan inti :
·        Eksplorasi
-        Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tentang menjaga kelestarian hidup yang terkandung dalam QS.Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
-        Digunakan tehnik problem solving untuk menjelaskan tentang menjaga kelestarian hidup.
-        Memberi materi untuk di kaji secara perorangan
1.      Apa yang di maksud dengan QS.Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27?
2.      ظا لِمٌ لنَفْسِه terdapat bacaan apa?
3.      Apa kedudukan ilmu dalam menjaga kelestarian hidup?
·        Elaborasi
-        Guru memilih materi pelajaran  yang bisa di bagi menjadi beberapa segmen.
-        Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok sesuai dengan segmen yang ada.
-        Setiap kelompok mendapatkan tugas memebaca memahami dan mendiskusikan serta membuat ringkasan materi pembelajaran yag berbeda.
-        Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompoknya.
-        Setelah semua tersebar perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan di depan.
-        Guru mengembalikan suasana kelas seperti semula, kemudian menanyakan jika ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok.
-        Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut.
·        Konfirmasi
-        Guru memberikan konfirmasi terhadap jalannya diskusi.
-        Refleksi dilakukan dengan memberikan penguatan terhadap materi yang telah disampekan.
-        Motifasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung.













60 menit
3.
Kegiatan penutup :
-        Evaluasi / tanya jawab
-        Refleksi : siswa menyimpulkan kembali materi yang baru saja  disampaikan.
PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) DAN KEGIATAN MANDIRI  TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)
Disampaikan saat kegiatan penutup
·        Penugasan terstruktur
Mencari bacaan ikhfa’
Mencari bacaan nun mati




20 menit