Rabu, 09 Mei 2012

RPP PAI XI Tentang Lingkungan Hidup



   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan                                        : SMA 7 Semarang
Mata Pelajaran                                             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                                            : XI/2
Tahun pelajaran                                            : 2011/2012
Alokasi waktu                                              : 6 x 45 Menit

       I.       STANDAR KOMPETENSI
1.1 Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang menjaga kelestarian lingkungan hidup
    II.       KOMPETENSI DASAR
2.1  Membaca QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
2.2  Menjelaskan arti kandungan QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
2.3  Menampilkan perilaku menjaga kelestarian hidup seperti yang terkandung dalam QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
 III.            INDIKATOR
A.     Kognitif
1.      Produk
Merespon dalam memahami ayat QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27 tentang menjaga kelestarian hidup.
2.      Proses
Memahami ayat QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27 tentang menjaga kelestarian hidup, melalui :
a)        Membaca QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
b)        Identifikasi makna/kosaskata ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C1).
c)        Menemukan arti ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27  (C1).
d)        Menemukan bacaan-bacaan tajwid dalam ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27 (C1).
e)        Menemukan isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C2).
f)          Menyimpulkan makna yang dinyatakan secara tersirat dalam teks yang berbentuk tulisan ayat (C3).
g)        Mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarian hidup sesuai dengan QS Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27 (C4).

B.     Afektif
a)      Mengembangkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan pada kehidupan sehari-hari.
b)      Ketrampilan siswa melakukan tanya jawab secara sopan, menjadi pendengar yang baik, menyumbangkan pendapat yang bermanfaat serta komunikasi secara santun.

  IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN
a)      Kognitif
1.      Produk
Melalui ceramah dan dialog interaktif siswa dapat merespon makna ayat-ayat al-Qur’an QS , mencari bacaan tajwid serta menemukan isi kandungan ayat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
2.      Proses
a.       Diberi tulisan ayat siswa dapat membaca makna/kosakata ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C1).
b.      Diberi tulisan ayat siswa dapat mengidentifikasi makna/kosakata ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C1).
c.       Diberi potongan ayat siswa dapat menemukan bacaan tajwid (C1).
d.      Diberi tulisan ayat siswa dapat menemukan makna kandungan ayat-ayat al-Qur’an QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C2).
e.       Diberi tulisan ayat siswa dapat menyimpulkan makna yang dinyatakan secara tersirat dalam teks yang berbentuk news item (C3).
f.        Diberi tulisan ayat siswa dapat mengidentifikasi perilaku menjaga kelestarian hidup sesuai dengan QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27(C4)
b)      Afektif
1.      Karakter
Dengan metode active learning, siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku yang toleran, jujur, dan bertanggung jawab, tidak emosional serta menghargai pendapat teman yang lain.
2.      Keterampilan sosial
Siswa melakukan tanya jawab secara sopan, menjadi pendengar yang baik, menyumbangkan pendapat yang manfaat serta berkomunikasi secara santun.
     V.            MODEL, PENDEKATAN, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
a.      Model Pembelajaran : Active Learning
b.      Tehnik Pembelajaran
a.       Ceramah Interaktif
b.      Reading aloud
c.       Jigsaw learning
d.      Index card match
e.       Tanya jawab
  VI.            BAHAN AJAR
Ø      Arti potongan ayat QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
Ø      Baca tajwid dalam QS. Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
Ø      Isi kandungan QS.Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
Ø      Identifiasi perilaku menjaga kelestarian hidup.
VII.            KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pertemuan pertama ( 2 x 45 menit )
No.
Kegiatan pembelajaran
Waktu (menit)
1.
Kegiatan awal
Apersepsi
-        Menyebutkan tujuan pembelajaran yang meliputi membaca, memahami dan membiasakan perilaku menjaga kelestarian hidup.
-        Meminta siswa untuk menjelaskan menjaga kelestarian hidup dan contohnya sebagai brainstorming
-        Mengarahkan siswa untuk flashback sejenak mengenai kandungan QS.Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
-        Mengaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan di sampaikan pada hari itu.





10 menit
2.
Kegiatan inti :
·        Eksplorasi
-        Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tentang menjaga kelestarian hidup yang terkandung dalam QS.Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27
-        Digunakan tehnik problem solving untuk menjelaskan tentang menjaga kelestarian hidup.
-        Memberi materi untuk di kaji secara perorangan
1.      Apa yang di maksud dengan QS.Ar Rum 41-42, Al A’raf: 56-58 dan QS Shad: 27?
2.      ظا لِمٌ لنَفْسِه terdapat bacaan apa?
3.      Apa kedudukan ilmu dalam menjaga kelestarian hidup?
·        Elaborasi
-        Guru memilih materi pelajaran  yang bisa di bagi menjadi beberapa segmen.
-        Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok sesuai dengan segmen yang ada.
-        Setiap kelompok mendapatkan tugas memebaca memahami dan mendiskusikan serta membuat ringkasan materi pembelajaran yag berbeda.
-        Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompoknya.
-        Setelah semua tersebar perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan di depan.
-        Guru mengembalikan suasana kelas seperti semula, kemudian menanyakan jika ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok.
-        Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut.
·        Konfirmasi
-        Guru memberikan konfirmasi terhadap jalannya diskusi.
-        Refleksi dilakukan dengan memberikan penguatan terhadap materi yang telah disampekan.
-        Motifasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung.













60 menit
3.
Kegiatan penutup :
-        Evaluasi / tanya jawab
-        Refleksi : siswa menyimpulkan kembali materi yang baru saja  disampaikan.
PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) DAN KEGIATAN MANDIRI  TIDAK TERSTRUKTUR (KMTT)
Disampaikan saat kegiatan penutup
·        Penugasan terstruktur
Mencari bacaan ikhfa’
Mencari bacaan nun mati




20 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar